Pages

Selasa, 24 Juli 2012

Peranan Guru dan Tingkah Lakunya. Mengapa penting ?

Beberapa peranan guru dan tingkah lakunya yang menjadikanya berperanan penting serta menjadi asumsi fodamental dalam pengembangan profesionalitas guru dan penilaian kinerja guru, yaitu :
1.       Di antara dua kutup tujuan belajar ( mencapai pertemuan antara konsepsi tujuan pembelajaran dan konsepsi siswa ) terdapat figure sentral, yaitu guru sebagai pengendali implementasi kurikulum. Maka secara fisikologis, pikiran, perencanaan dan keputusan guru menjadi sangat penting dalam konteks pembelajaran. ( Cllark & Peterson, 1986 ).
2.       Karena gurulah yang menginterpretasikan dan melaksanakan kurikulum dalam proses pembelajaran maka kekuatan perubahan melalui pendidikan berada di tangan guru.
3.       Tingkah laku guru dipengaruhi dan ditentukan oleh proses berfikir guru (Shulman, 1986)
4.       Sangat erat hubungan antara domain berpikir guru dan tindakan guru dengan karakteristik pembelajaran,sehingga perencanaan pembelajaran yang dirancang guru secara implicit dilatarbelakangi harapan harapan dan tindakan guru.
5.       Perkembangan psikologi kognitif menunjukkan bahwa pembelajaran yang baik adalah merefleksikan bagaimana belajar terjadi,hal ini menuntut guru cerdas menciptakan MODEL konseptual yang menghubungkan antara konsepsi siswa dan konsepsi ILMUAN, mengenai hakekat ilmu yang dipelajari. ( konsepsi ilmuan dalam bentuk ilmiah kurikulum,konsepsi siswa bersifat intuisi dan cenderung naïf ).
6.       Yang dikonsep dan diaktualisasikan guru dalam pembelajaran harus sejalan dengan konsepsi siswa mengenai hakekat bahan yang dipelajari.

Sumber : Modul Pengembangan Profesionalitas Guru,Prof.Dr.H.Suparno, Dr.Waras Kamdi,M.Pd
               Kemendiknas Universitas Negeri Malang Panitia Sertifikasi Guru (PSG) Rayon 15
                                                                       

0 komentar:

Poskan Komentar